10 Tanda-Tanda Hamil Yang Wajib Diketahui

10 Tanda-Tanda Hamil Yang Wajib Diketahui

cmdgroup.id – Kehamilan menjadi salah satu hal yang paling di tunggu-tunggu, namun tidak banyak orang yang mengetahui tanda-tanda kehamilan tersebut. Terlebih lagi untuk pasangan yang baru menikah dan belum ada pengalaman sama sekali.

Banyak sekali tanda-tanda kehamilan yang jarang sekali di sadari ibu hamil, terlebih lagi tanda-tanda kehamilan tersebut memang hampir mirip ketika akan datang bulan, Misalnya saja seperti payudara terasa bengkak, kram di perut, hingga timbul flek.

Namun setiap wanita tidak akan mengalami tanda-tanda hamil yang serupa, apa yang di alami seorang wanita hamil akan berbeda dengan wanita hamil lainnya.

Biasanya kebanyakan wanita akan mengalami tanda-tanda tertentu, namun ada juga yang tidak mengalami tanda-tanda hamil sama sekali.

Nah, untuk mengenali tanda-tanda hamil yang umum terjadi, sebaiknya kenali terlebih dahulu 10 tanda-tanda hamil yang wajib di ketahui.

10 Tanda-Tanda Hamil Yang Jarang Diketahui

Inilah 10 tanda-tanda hamil yang jarang diketahui, simak di bawah ini.

Terlambat Haid

Terlambat datang bulan atau haid menjadi salah satu gejala hamil yang paling jelas dan umum terjadi, bisanya Anda akan haid teratur setiap bulannya.

Tapi, jika terlambat haid lebih dari 1 minggu perlu Anda cermati, coba untuk melakukan tes uji kehamilan untuk mengetahui apakah Anda sedang hamil atau tidak.

Perubahan Pada Payudara

Selain haid, perubahan awal yang paling sering terjadi pada wanita hamil yaitu perubahan pada payudara, dimana tanda-tanda awal kehamilan tersebut di tandai dengan rasa nyeri ketika di pegang, payudara terasa lebih berat, bahkan ukurannya yang menjadi lebih besar.

Selain itu puting juga akan terlihat lebih menonjol dan berwarna lebih gelap, perubahan itu di sebabkan karena meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesteron, sebagai persiapan untuk memproduksi ASI.

Baca Juga  Game Shadow Fight 2 Mod Apk Unlimited Everything And Max Level Terbaru 2022

Sering Buang Air Kecil

Tanda hamil lainnya yang paling sering terjadi pada awal kehamilan yaitu lebih sering buang air kecil, hal tersebut terjadi karena perubahan hormon dan bertambahnya jumlah cairan pada tubuh.

Pada tahap kehamilan selanjutnya, keinginan buang air kecil lebih disebabkan oleh pembesaran rahim yang menekan kantong kemih.

Semakin besar kehamilan, semakin besar pula ukuran janin, sehingga menekan organ-organ di dalam tubuh, termasuk kandung kemih.

Akibatnya kapasitas kandung kemih menjadi lebih sempit sehingga lebih cepat penuh dan lebih sering ingin buang air kecil.

Morning Sickness

Morning Sickness biasanya terjadi pada awal trimester pertama, perasaan tidak nyaman dan rasa mual yang sering terjadi di pagi hari.

Penyebab salah satu tanda kehamilan ini adalah perubahan hormon dalam darah yang mengakibatkan rasa sakit pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual.

Umumnya mual dan muntah baru akan terjadi pada usia kehamilan trimester pertama. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena morning sickness ini akan menghilang sejalan dengan bertambahnya usia kehamilan.

Mudah Lelah

Mudah lelah saat hamil di akibatkan oleh meningkatnya hormon progesteron dalam tubuh. Selain itu, pada trimester pertama kehamilan tubuh akan bekerja jauh lebih keras memompa hormon dan memproduksi lebih banyak darah agar nutrisi janin terpenuhi.

Perbanyaklah waktu istrihat dan konsumsi makanan bergizi, hindari aktivitas fisik yang berat dan batasi konsumsi kafein karena bisa membahayakan kondisi janin.

Perubahan Nafsu Makan

Perubahan nafsu makan biasanya akan terjadi pada awal kehamilan, seperti lebih mudah lapar atau bahkan kehilangan nafsu makan. Hal itu terjadi lantaran adanya perubahan hormon yang terjadi pada saat awal kehamilan.

Kram Perut & Bercak Merah Muda

Saat trimester kehamilan biasanya akan terlihat flek yang di akibatkan oleh tertanamnya sel telur yang telah di buahi di dalam rahin.

Baca Juga  Tiga Tempat untuk Menjual Perhiasan Emas Dengan Keuntungan Maksimal

Bercak darah tanda hamil ini juga diiringi oleh kram perut yang terjadi, bagi yang tidak mengetahui mungkin akan menyangka sedang haid.

Tapi, bercak darah pada awal kehamilan berwarna lebih muda dan lebih sedikit dari pada darah saat haid.

Pusing

Pusing menjadi ciri kehamilan yang sering dialami. Ini terjadi karena tubuh akan menampung sekitar 50 persen darah tambahan saat hamil.

Selain itu juga di akibat turunnya tekanan darah dan menyempitnya pembuluh darah. Hal ini dapat diatasi dengan cukup istirahat.

Perubahan Suasana Hati

Meningkatnya hormon estrogen dan progesteron menyebabkan perubahan susasan hati, biasanya saat trimester kehamilan akan lebih sensitif dari pada biasanya.

Suasana hati yang cepat berubah tanpa alasan yang jelas bisa menjadi salah satu kemungkinan tanda-tanda hamil.

Sembelit

Buang air besar tidak teratur menjadi salah satu tanda awal kehamilan, penceraan yang melambat membuat wanita hamil rentan mengalami sembelit.

Konsumsi buah dan sayur tinggi serat untuk mengatasi sembelit seperti konsumsi apel, buah pisang dan bayam.

Jika Anda sudah mengetahui tanda-tanda kehamilan di atas namun masih ragu, langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pengecekan dengan cara yang sederhana seperti melakukan tes kehamilan di rumah dengan menggunakan test pack.

Caranya cukup mudah, ambil sampel urine di pagi hari lalu masukan urine pada wadah yang bersih, kemudian celupkan test pack kedalamnya, tunggu beberapa menit hingga alat menunjukan hasil positif atau negatif.

Jika masih ragu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan terkait gejala-gejala yang Anda alami.

Baca Juga: Inilah EmojiMix APK Bikin Seru & Ketagihan

Akhir Kata

Itulah 10 Tanda-Tanda Hamil Yang Wajib Diketahui, semoga informasi ini dapat bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.

You May Also Like

About the Author: Susan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.