Cara Mudah Optimal Bermain Investasi Reksadana

Optimal Bermain Investasi Reksadana

Cmdgroup.id Optimal Bermain Investasi Reksadana -Salah satu sumber passive income potensial yang saat ini sudah mulai diminati oleh masyarakat adalah bermain investasi reksadana. Investasi jenis ini dianggap minim resiko namun menjanjikan penghasilan yang besar.

Selain itu, investasi reksadana juga bisa dimainkan oleh masyarakat yang masih terbilang awam dalam hal bermain investasi sebagai salah satu solusi penghasilan lain baik untuk kaum milenial maupun masyarakat yang sudah memasuki masa pensiun.

Terlebih lagi, ada banyak produk investasi reksadana yang bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan serta kemampuan dalam melakukan manajemen pengelolaan dana investasi dengan tingkat resiko yang beragam tapi memberikan keuntungan yang maksimal.

Mengenal Investasi Reksadana

Seperti yang diatur dalam Bursa Efek Indonesia, investasi reksadana memiliki pengertian sebagai cara atau salah satu fitur investasi untuk menghimpun modal dari masyarakat secara langsung sebagai investor untuk kemudian modal tersebut dikelola melalui berbagai jenis invetasi yang dikelola langsung oleh manajer investasi.

Peran Manajer Investasi dalam Reksadana

Keberadaan manajer investasi dalam reksadana bertugas sebagai pengatur lalu lintas dana investasi yang berasal dari masyarakat. Manajer investasi memiliki latar belakang tenaga profesional yang sudah berpengalaman dan berada dalam manajemen Komite Investasi serta Tim Pengelola Investasi yang profesional.

Baca Juga  15 Mobil Terbaru Tahun 2022

Peran manajer investasi reksadana bahkan sudah dilakukan sejak Anda memutuskan untuk menanamkan modal investasi reksadana yang dilakukan melalui kesepakatan bersama perihal besaran modal yang hendak diinvestasikan serta cara pengelolaan investasinya.

Besaran Investasi Reksadana

Selama ini, masih banyak masyarakat yang menganggap jika bermain investasi membutuhkan modal yang besar sehingga hanya dilakukan oleh orang tertentu dengan modal yang tak terbatas. Anggapan itu jelas salah, karena investasi reksadana online bahkan sudah bisa dijalankan meski besaran penyertaan modal dalam investasi reksadana hanya sebesar Rp. 10 ribu.

Dengan nilai investasi Rp. 10 ribu, anda sudah membeli berbagai produk investasi reksadana secara online yang bisa dilakukan diberbagai marketplace yang menjual sahamnya kepada publik seperti Bukalapak atau Tokopedia.

Sedangkan untuk investasi melalui Bareksa maupun Indopremier, besaran penyertaan modal minimum yang harus disetor oleh masyarakat adalah sebesar minimal Rp. 100 ribu.

Mengukur Keuntungan Investasi Reksadana dari Modal yang Disertakan

Penting pula dipahami bahwa besar kecilnya investasi sama sekali tidak mempengaruhi keuntungan yang diperoleh dari investasi reksadana sebab potensi return yang di dapat jauh lebih tinggi dibanding produk lain seperti tabungan maupun deposito.

Sebab, besaran nilai investasi serta keuntungan yang diperoleh sepenuhnya dihasilkan dari strategi yang tepat yang dilakukan oleh manajer investasi profesional, situasi pasar, obligasi maupun kondisi perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

Baca Juga  Pemula Wajib Tahu Ini Resiko Investasi Yang Wajib di Ketahui

Oleh sebab itu, investasi reksadana sangat tepat untuk semua lapisan masyarakat baik pemula maupun yang sudah mahir dengan memilih jenis investasi reksadana yang sesuai. Termasuk dalam hal ketersediaan modal investasi, baik kecil maupun besar semuanya bisa dikelola dengan baik oleh manajer investasi reksadana.

Memulai Investasi Reksadana

Banyak orang yang bermain investasi reksadana untuk kebutuhan jangka panjang seperti kebutuhan biaya pendidikan, memiliki hunian, atau bahkan sebagai persiapan penghasilan ketika tak lagi bekerja.

Dengan mengidentifikasi kebutuhan investasi reksadana maka Anda akan menemukan jenis maupun tenor atau waktu investasi reksadana dilakukan.

Setelah itu, mulailah melakukan investasi dengan menentukan jenis investasi reksadana  dengan tak hanya melihat keuntungan semata tapi juga faktor resiko yang mungkin muncul dari tiap jenis investasi reksadana dan memilih tenor masa investasi reksadana.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah memastikan jika produk investasi reksadana tempat Anda berinvestasi sudah terdaftar dan memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar terhindar dari investasi ilegal yang bisa merugikan Anda.

Demikian pembahasan mengenai Optimal Bermain Investasi Reksadana kali ini, semoga menambah wawasan bagi para pembaca sekalian.

You May Also Like

About the Author: Eri Subekti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.