KB Alami untuk Mencegah Kehamilan Tanpa Alat kontrasepsi

KB Alami untuk Mencegah Kehamilan Tanpa Alat kontrasepsi

Cmdgroup.id– Saat ini tersedia berbagai jenis alat kontrasepsi (KB) untuk membantu menunda atau mencegah kehamilan. KB Alami untuk Mencegah Kehamilan Tanpa Alat kontrasepsi, adalah pembahasan Nisa kali ini.

Hanya saja saking banyaknya, Anda mungkin hanya akan akan asal memilih. Padahal, penggunaan alat kontrasepsi akan efektif jika dilakukan dengan tepat.

Itulah sebabnya, pemilihan alat kontrasepsi harus diselesaikan dengan kebutuhan maupun kondisi Anda dan pasangan. Agar tdak salah pilih.

Sebab kadang banyak KB memiliki efec samping yang muncul dari pengguna kontrasepsi hormonal, bagi sebagian wanita muncul epek samping karena tidak cocok dengan kontrasepsi yang dipilih.

Banyak juga yang mencoba memilih metode KB alami, namun dengan memilih metode ini yang harus dicermati adalah masa subur wanita.

Masa subur yaitu priode dimana ovulasi atau keluarnya ovum dari indung telur kemungkinan besar sedang terjadi dan terjadi peluang yang besar pembuahan dan kehamilan akan lebih meningkat peluangnya.

KB Alami untuk Mencegah Kehamilan Tanpa Alat kontrasepsi

Bagi Anda pasangan yang ingin menunda kehamilan istrinya dan menggunakan cara yang alami ada beberapa KB Alami untuk mencegah Kehamilan tanpa Alat kontrasepsi, mari simak selengkapnya dibawah ini:

KB Alami untuk Mencegah Kehamilan Tanpa Alat kontrasepsi

Senggama Terputus

Senggama terputus juga dikenal sebagai “keluar diluar”. Artinya, saat berhubungan suami istri, pasangan pria akan meneriknya keluar dari miss V sebelum terjadi ejakulasi (keluarnya seperma).

Untuk memperaktikan KB alami ini, anda membutuhkan konsentrasi tinggi agar berhasil melakukannya. Namun, tidak semua orang bisa berkonsentrasi penuh pada saat melakukan hubungan intim.

Baca Juga  Huaei P50 Pro Lengkap spesifikasi yang akan segera di Luncurkan

Pasangan pria mungkin saja tidak sengaja melakukan sedikit cairan saat berhubungan, cairan ini bisa saja mengandung sperma didalamnya. Jadi, KB alami ini bisa dikatakan gagal jika sel sperma itu berhasil berenangg masuk kedalam rahim dan membuahi sel telur.

Alhasil, kehamilan bisa terjadi saat sel telur yang sudah dibuahi kemudian menempel pada dinding rahim.

Oleh karena itu yang pernah nenggunakan metode ini hasil survei dari 22 dari 100 pasangan beresiko kebobolan hamil.

Matode Fertility Awarenes

Metode ini dikenal sebagai natural family planning yaitu salah satu KB alami yang dilakukan dengan cara mencatat siklus menstruasi.

Berdasarkan siklus mensturasi tersebut anda bisa tahu kapan indung telur melepaskan sel  sel setiap bulannya (ovuflasi).

Jika ingin mencegah  mengunakan kb alami anda bisa melakukanya dengan menghindar berhubungan bersama pasangan selama masa subur.

Biasanya masa masa paling subur dari seorang wanita adalah mendekati ovulasi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghitung masa subur anda jika ingin mengunakan fertiy awarness sebagai kb alami.

Cek Suhu Basal Tubuh

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui apakah sedang berada di masa subur atau tidak yakni dengan memeriksa suhu basal tubuh

Suhu tubuh anda biasanya akan berubah sepanjang siklus mestruksi ovulasi, suhu tubuh akan sedikit meningkat.

Pemeriksaan suhu basal tubuh dapat dilakukan setiap hari kemudian hasilnya di catat .Unruk untuk mengukur suhu tubuh.

Langkah yang mesti anda lakukan ialah mengukur suhu tubuh setiap bangun tidur sebelumnya berjalan dari tempat tidur mengunakan t basal termoter  ini bisa mendektesi perubahan suyang sangat kecil.

Cek Lendir Serviks

KB alami selanjutnya yang dapat dipilih ialah melakukan pemeriksaan lendir serviks, semua itu bertujuan untuk mengetahui kapan Anda memasuki masa subur.

Baca Juga  Terbaru Harga Dan Spesifikasi Hp Samsung A03

Karenaperubahan produksi lendir serviks atau dinding rahim dapat menjadi tanda waktu berovulasi, dan itu harus diperiksa setiap hari.

Cara untuk mengetahui konsistensi dari lendir serviks tersebut ialah dengan mengusapkan ibu jari dan telunjuk dan menjauhkan kedua jari untuk memeriksa kekentalannya.

Metode Kalender

Kb alami selanjutnya bisa dengan menggunakan metode kalender, namun jika Anda ingin melakukan cara ini harus mengetahui siklus haid 6 siklus sbelumnya.

Tandai hari pertama Haid sebagai hari pertama siklus menstruasi dan melakukan hal yang sama atau menandai hari -hari pertama menstruasi pada bulan selanjutya.

Hitung dan tandai jumlah hari kurun waktu haid Anda dari pertama dan haid yang kedua, jarak antara haid tersebut adalah jumlah hari dalam satu siklus.

Rata-rata jumlah hari atau siklus wanita Haid adalah 28 hari, namun kebanyakan siklus menstruasi wanita berlangsung antara 21-35 hari.Jika anda ingin menggunakan metode kalender bisa melakukan langkah berikut ini:

  • Caranya dari 6 siklus, cari siklus terpendek yang pernah anda alami kemudian kurangi 18 hari setiap bulannya tandai hari tersebut, itulah masa subur anda, senaiknya anda menghindari berhubungan dikala masa subur tersebut.

Memberikan Asi Eklusif Pada Bayi

Metode Kn alami ini dikenal dengan nama amenore laktasi, karena menyusui dapat membantu menunda kehamilan selama 6 bulan.

Hal itu disebabkan hormon yandg dibutuhkan untuk melancarkan produksi Asi dapat mencegah pelepasan hormon ovulasi.

Penutup

Jika Abda sedang merencanakan menunda mempunyai momongan dan ingin dengan Kb alami bisa menggunakan cara diatas, sekian bahasan kali ini tentang KB Alami untuk Mencegah Kehamilan Tanpa Alat kontrasepsi. Terimakasih sudah berkunjung ke cmdgroup.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.