Tips Cara Promosi Paling Efektif Untuk Bisnis Anda

Tips Cara Promosi Paling Efektif Untuk Bisnis Anda

Cmdgroup.id – Hallo sobat semua, kembali lagi dengan admin yang kali ini akan membahas tentang Tips Cara Promosi Paling Efektif Untuk Bisnis Anda.

Salah satu keunggulan dalam bisnis online adalah luasnya cakupan pasar yang di jangkau untuk menjual produk anda.

Jika anda memiliki strategi promisi yang tapat, maka bisnis anda akan mendatangkan hasil yang lebih menjanjikan ketimbang bisnis sewa lapak biasa.

Dan pada artikel ini kami akan memberikan pengertian tentang promosi dan contoh promosi yang bisa anda gunakan untuk promosi produk anda.

Apa itu Promosi?

Ada banyak pengertian tentang promosi menurut para ahli.

Harper W Boyd menyebutnya sebagai cara membujuk orang lain agar menerima suatu gagasan/produk. Sementara, Philip Kotler mengatakan promosi merupakan strategi komunikasi dengan pasar. 

Jika dirangkum, promosi adalah upaya memasarkan produk dengan cara komunikasi persuasif sehingga calon konsumen lebih tertarik membeli produk Anda dibanding produk kompetitor atau pesaing anda.

Secara umum, banyak sekali cara untuk melakukan promosi. Seperti, Iklan di Tv, sepanduk, Brosur, sosial media dan website.

Lalu kenapa anda tidka melakukan promosi untuk produk anda? dan apakah tujuannya melakukan promosi?

Cara utama melakukan promosi adalah untuk meningkatkan penjualan pada produk. Namun, tentu saja harus dilakukan pengenalan produk terlebih dahulu kepada masyarakat.

Tidak hanya itu, Promosi harus fokus pada menciptakan ketertarikan masyarakat untuk menggunakan produk yang anda jual.

Cara yang dilakukan bisa beragam, bisa beriklan, menggunakan influencer, menggelar suatu event, dan lain-lain. Media yang digunakan pun bisa beragam. Kita akan bahas lebih lanjut di bagian lain artikel ini.

Manfaat Promosi Bagi Bisnis Online Anda

Berikut ini adalah beberapa manfaat promosi bisnis online jika di lakukan dan berhasil berjalan dengan baik.

1. Mampu Menarik Perhatian Pasar Dengan Cepat

Dari manakan anda mengetahui ada produk baru dari salah satu brand? Benar, tentu saja dari promosi iklan yang mereka lakukan.

Walaupun dilakukan dengan cara yang beragam, Tapi promosi yang baik tidak akan pernah luput dari perhatian masyarakat.

Anda tentu masih ingat tentang driver ojek online yang beruntung mendapatkan mobil mewah seharga Rp 12.000. Ya, pada momen Harbolnas tahun lalu, salah satu marketplace menyelenggarakan promo barang dengan harga Rp 12.000.

Promosi tersebut sangat berhasil menyita perhatian masyarakat. Pasalnya, berbagai barang yang bahkan masuk dalam kategori mewah hanya di bandrol dengan harga Rp12.000.

Lalu apa yang terjadi? tentunya jutaan orang berebut untuk mendapatkan barang mewah dengan harga murah tersebut.

2. Promosi Untuk Menjaga Loyalitas Konsumen

Dalam dunia bisnis, anda pasitnya mengetahui bahwa kompetitor tentu akan selalu berusah untuk merebut hati pelanggan atau konsumen anda.

Baca Juga  3 WhatsApp Mod Apk Terbaru 2022 Anti Banned

Namun, jika anda terus rajin melakukan promosi dengan menawarkan harga yang menarik. Para konsumen akan selalu setia menggunakan produk anda.

Kenapa bisa seperti itu? pasalnya, manfaat yang mereka terima jika menggunakan produk anda lebih menjanjikan.

Untuk anda sebagai pemilik bisnis, Menjual produk kepada konsumen setia tentunya akan lebih mudah. Faktanya, kemungkinan keberhasilan mencapai 60% hingga 70%.

3. Membantu Meningkatkan Brand Awareness

Bagi pelaku bisnis online, Brand Awareness sangatlah penting. Karena Brand Awareness akan menguatkan hubungan anda dan konsumen untuk jangka panjang.

Contoh simple saja, ketika anda akan membeli air mineral, sebagian dari anda akan menyebut nay Aqua.

Padalah sebenarnya banyak merk ari mineral yang secara kualitas tidak jauh berbada. Nah, hal ini lah yang disebut dengan Brand Awareness.

Jika promosi yang anda lakukan sukses membangun dan mampu membangun Branding yang kuat, maka produk anda akan melekat di hati konsumen.

Dengan intensitas promosi yang terukur, maka Brand Awareness akan secara perlahan di bandung dengan baik.

4. Meningkatkan Potensi Penjualan Produk

Sebuah promosi yang dilakukan dengan baik, tentu saja akan mampu mendongkrak penjualan produk anda.

Sebagai contoh, perusahaan penerbangan JetBlue berhasil mencapai peningkatan pendapatan hingga 1640% melalui promosi!

Apa anda tahu jika JetBlue tidak membuat produk baru? Prusahaan tersebut hanya melakukan pendekatan yang berdeda terhadap calon konsumen dengan kompetitornya.

Mereka merancang program otomasi email untuk tujuan untuk tujuan promosi bagi konsumen yang belum menyelesaikan pemesanan tiket di website mereka. Dan alhasil Terbukti berhasil!

Tips Cara Promosi Paling Efektif Untuk Bisnis Anda

Setelah memahai pentingnya dan banyaknya manfaat promosi, maka sekarang waktunya belajar cara jitu untuk mempromosikan suatu produk.

Ada banyak jenis promosi yang bisa anda terapkan untuk produk bisnis anda, kami terlah merangkumnya di bawah ini.

1. Memberikan Diskon/Potongan Harga

Harga masih manjadi faktor utama bagi konsumen ketika akan membeli suatu produk. Oleh karena itu, promo potongan harga akan selalu di tunggu.

Bahkan di luar negri, ada sebuah event yang khusus menghadirkan promo potongan harga untuk pembelian produk.

Salah satu yang terkenal menyelenggarakan event ini adalah Black Friday atau promo domain dari Niagahoster.

Dan di Indonesia sendiri, momen promo ini biasanya di adakan secara masal Pada Hari Belanja Onlien Nasional (Harbolnas)

Nah, jika anda memiliki toko online sendiri. Tentu saja anda bisa melakukan promo potongan harga/diskon ini kapan saja.

Dan tentunya, promosi potongan harga ini bisa digunakan hampir pada semua jenis bisnis online. Seperti contoh promo berikut.

Tips Cara Promosi Paling Efektif Untuk Bisnis Anda
Tips Cara Promosi Paling Efektif Untuk Bisnis Anda

2. Membebaskan Biaya Kirim Barang (Free Ongkir)

Meningkatnya transaksi ecommerce pada saat ini, bisa di bilang salah satu penyebabnya adalah kemudahan dalam megirim barang.

Kerena pada saat ini, tanpa menunggu lama barang akan segera di kirim dan diterima oleh pembeli.

Baca Juga  Cara Paling Mudah Daftar TikTok Affiliate

Sudah banyak bisnis ekspedisi memberikan pelayanan terbaiknya. Namun, untuk pengiriman ke beberapa wilayah masih memiliki tarif yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, anda bisa menawarkan promo free ongkir untuk menarik minat konsumen membeli produk anda.

Pasalnya, konsumen tidak hanya akan mendapatkan kemudahan, tapi juga Value lebih saat berbelanja produk yang anda tawarkan.

3. Menawarkan Cashback

Cashback adalah pengembalian sejumlah uang setelah konsumen melakukan pembelian. Cashback berlaku jika pembelian yang dilakukan mengikuti syarat yang ditentukan oleh penjual. Biasanya berupa pembelian sejumlah nominal tertentu.

Walaupun ada syarat yang diberlakukan, cashback tetap merupakan promo yang menarik bagi konsumen. Anda bisa mengunjungi beberapa marketplace besar dan akan menjumpai cashback di berbagai event promo mereka. 

Perlu diingat bahwa cashback bukan hanya milik marketplace saja. Pemilik toko online pun bisa menerapkan promo ini untuk menjual berbagai barang, mulai produk elektronik hingga fashion.

4. Mengadakan Flash Sale

Flash sale adalah metode penjualan dalam waktu singkat, dengan jumlah terbatas dan dibandrol dengan harga murah. 

Sebagian dari Anda mungkin mengenal Flash sale dari salah satu marketplace besar di Indonesia, bukan? Jenis promosi tersebut terbukti cukup efektif. 

Karena Flash sale menggunakan strategi ketersediaan barang yang terbatas, banyak calon konsumen tak ingin melewatkan kesempatan tersebut. Hasilnya, Flash sale terbukti efektif untuk menggebrak pasar. Produk yang dijual melalui Flash sale selalu laris manis bak kacang goreng.

Belajar dari kondisi tersebut, banyak pelaku bisnis yang menerapkan langkah promosi yang sama. Tidak hanya produk ponsel.

5. Memberikan Gift

Jika promosi sebelumnya memberikan produk sejenis secara gratis, promosi dengan memberikan gift sering menggandeng produk yang berbeda sebagai hadiah. Bisa produk Anda sendiri, atau produk pihak lain. 

Sebenarnya, banyak sekali contoh gift yang pernah Anda dapatkan sebagai konsumen. Misalnya, saat Anda mendapatkan softcase dan pelindung layar ketika melakukan pembelian ponsel. 

Sebagai pemilik bisnis, Anda juga bisa meniru tips jitu promosi ini pada produk Anda. Sebagai contoh, toko busana online berikut:

Tips Cara Promosi Paling Efektif Untuk Bisnis Anda

6. Pengumpulan Poin Rewards

Poin rewards adalah salah satu contoh promosi melalui customer loyalty program. Artinya, konsumen yang loyal menggunakan produk Anda berhak mendapatkan penawaran khusus. 

Cara promosi ini bisa dilakukan di banyak bisnis. Misalnya, jika Anda memiliki usaha pencucian mobil. 

Anda bisa membagikan kartu promo khusus. Setiap kali pelanggan mencuci mobil di tempat Anda, ada satu sticker yang akan mereka terima. Setelah lima kali pencucian, Anda bisa memberikan satu kali cuci mobil gratis.

Tentu konsumen Anda akan senang dengan promo poin rewards semacam ini. 

Nah, berikut adalah pengertian dan manfaat terahadap bisnis anda jika anda melakukan promosi.

Dan tentunya kami juga sudah memberikan beberapa Tips Cara Promosi Paling Efektif Untuk Bisnis Anda.

Mungkin sampai disini dulu untuk pembahasan kali ini, semoga dengan adanya informasi ini dapat membatu anda untuk mengembangkan bisnis online yang anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.